A.PENGERTIAN
HOUSEKEEPING
Dalam bahasa inggris House berarti rumah, gedung, wisma, hotel. Sedangkan Keeping mempunyai
arti Memelihara, merawat, menjaga.
Oleh sebab itu Housekeeping atau Tata Graha adalah bagian dari departemen hotel
yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, melaporkan kerusakan dan
memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi, bersih,
menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.
Departemen
housekeeping tidak hanya mempersiapkan kamar-kamar tamu, namun secara
keseluruhan bertanggng jawab menjaga, merawat dan membersihkan semua fasilitas
hotel tersebut bersih, rapi dan nyaman. Oleh sebeb itu, semua aktivitas
housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharan, perawatan dan
kebersihan hotel secara menyeluruh dapat terjaga dengan baik.
Karyawan housekeeping memberikan
pelayanan terhadap kelancaran, kesiapan dan pemeliharaan kamar tamu, public
area, restaurant, meeting room, laundry, sarana olahraga dan fasilitas lainnya.
Mereka merupakan bagian dari team yang selalu siap mempersiapkan dan menyambut
kedatangan tamu-tamu hotel. Karyawan housekeeping sangat peduli terhadap
kenyaman tamu dengan cara memperhatikan hal-hal yang detail dan menindaklanjuti
segala perbaikan-perbaikan yang diperlukan.
B. Tugas
Housekeeping Departement
·
Menciptakan suasana hotel yang bersih ,menarik,nyaman ,dan aman.
·
Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat
berkunjung maupun menginap di hotel.
·
Penyiapan ,penataan,dan pemeliharaan kamar-kamar.
·
Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan
ruangan umum di hotel.
·
Melaporkan dan membawa lost and found pada supervisor.
· Mengenakan seragam hotel,sepatu dan kaus kaki yang ditentukan.
C.
Tanggung Jawab Housekeeping
Departement
1. Tugas Dan Tanggung Jawab Manajemen
Di lingkungan kerja Departemen Housekeeping meliputi
tenaga dan material/bahan-bahan mahal, maka departemen Housekeeping harus melakukan
hal-hal sebagai berikut :
- Mengadakan supervise dan latihan terhadap karyawan
sehingga tercapai efisiensi tenaga secara optimal.
- Memilih dan menentukan cleaning equipment &
cleaning material yang sesuai dengan kebutuhan.
- Selalu mengadakan inventarisasi terhadap semua
barang.
- Mengusahakan terbinanya kerja sama antar semua
departemen.
- Mengusahakan system komunikasi yang baik.
2. Tanggung Jawab Terhadap
Tamu
- Menciptakan ruangan yang comfortable
(Menyenangkan)
- Mengusahakan ruanganyang terjamin kebersihan
dan keamanannya (Hygiene & Safety).
Misalnya :
a. Karpet tidak boleh
berlipat-lipat.
b. Air yang menggenang
harus segera di keringkan.
c. Kaca yang terlalu
bersih harus di beri tanda.
d. Memperhatikan
hal-hal kecil tetapi penting, misalnya ruangan yang gelap, kursi-kursi yang
melintang, lantai yang terlalu licin maupun puntung rokok yang masih menyala.
3. Tanggung Jawab Terhadap
Departemen Lain
- Terhadap departemen Front Office : Menjalin
komunikasi timbal-balik yang baik dimana front office berfungsi menjual produk
Housekeeping.
- Terhadap departemen Food & Beverage :
Menciptakan ruangan-ruangan retoran dan Public Area yang bersih termasuk segala
keperluan untuk memasak dan keperluan linen.
- Terhadap departemen Engineering & Maintenance :
Menciptakan komunikasi timbal balik yang baik dengan departemen Engineering
& Maintenance, agar setiap kerusakan secepatnya dapat di perbaiki supaya
kamar segera siap digunakan oleh tamu yang akan menginap di kamar Hotel.
4. Tanggung Jawab Terhadap
Staff
- Saling membantu dan menunjang tanpa mengurangi
wewenang masing-masing.
- Saling menghargai dan disiplin.
D. Sasaran Housekeeping
1. Kebersihan.
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena sanitasi dan hygine terjamin. Bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena sanitasi dan hygine terjamin. Bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.
2. Kerapian.
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membuat ruangan tersebut menjadi lebih menarik.
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membuat ruangan tersebut menjadi lebih menarik.
3. Kelengkapan.
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standardnya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standardnya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.
4. Fasilitas.
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel, sehingga fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak menggangu kegiatan-kegiatan mereka.
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel, sehingga fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak menggangu kegiatan-kegiatan mereka.
E.
Section (Seksi) Housekeeping
1.
Public Area
Seksi yang mempunyai tugas dan
tanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan
seluruh area hotel, baik yang ada diluar gedung maupun didalam gedung hotel,
antara lain Lobby area, restroom, restaurant, meeting room, garden, parking
area dan fasilitas untuk karyawan hotel.
2.
Room section
Seksi yang mempunyai tanggung jawab
untuk mempersiapkan dan menjaga kebersihan, kerapihan dan kelengkapan kamar
tamu.
3.
Laundry
Seksi yang mempunyai tanggung jawab
untuk menyediakan linen-linen yang bersih untuk keperluaan kamar, restauran dan
meeting room, menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian
tamu yang kotor.
4.
Linen dan Uniform
Seksi yang bertanggung jawab untuk
mengelola sirkulasi dan penyediaan seluruh linen dan uniform bagi karyawan.
5.
Florist
Seksi yang bertanggung jawab untuk
menyediakan dan merangkai bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi
dalam hotel.
6. Health &
recreational
Bertanggung
jawab atas pelayanan fasilitas-fasilitas umum yang disediakan hotel untuk tamu,
meliputi, spa and massage, fitness, golf, pool dan yang lainnya.
STRUKTUR
ORGANISASI
A. Tugas dan Tanggung Jawab Executive Housekeeper
1. Melakukan rekrument
karyawan,mewawancara,melatih serta mengawasi serta melakukan penilaian,evaluasi
atau teguran terhadap karyawan secara berkala.
2. Menyiapkan job description dan standar operating
procedure Housekeeping.
3. Member penugasan dan
arahan terhadap tugas-tugas yang ahrus dilakukan karyawan di bagian Housekeeping.
4. Membantu Room Division Manager dan General Manager terhadap program
perawatan atau perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab
housekeeping,terutama di kamar tamu dan public
area.
5. Melakukan
pengontrolan,permintaan barang atau pembelian barang-barang yang diperlukan
dalam operasional sehari-hari di housekeeping,seperti gest supplies,gues room supplies,linen dan sebagainya agar
sesuai dengan par stock yang di tentukan.
6. Melakukan program
pengadaan dan pembelian FF&E (furniture,fixture,&
equitment) baik untuk housekeeping atau pun laundry sesuai dengan
sfesifikasi yang di butuhkan.
7. Melakukan pengawasaan
pengadaan barang dan pembelian peralatan yang di sediakan untuk operasional
sehingga berfungsi sesuai dengan standar yang di tentukan,baik di housekeeping
maupun di laundry.
8. Melakukan pemeriksaan
secara rutin terhadap proses pelaksanaan pencucian laundry,baik untuk house laundry maupun untuk guest laundry.
9. Melakukan pengawasan
terhadap lost and pound.
10. Membuat program
pelatihan(training program)
terhadap seluruh karyawan
B.
Tugas dan Tanggung Jawab Asst. Executive Housekeeper
Membantu Executive
Houseekeper dalam mengelola dan mengawasi semua operasional harian housekeeping
dan memberi dukungan berupa pelatihan,coaching dan konseling kepada semua staff
housekeeping demi mencapai tujuan bersama.
1. Bertanggung jawab
terhadap operasional sehari-hari atau melakukan penyelesaian masalah yang terjadi.apabila melakukan perubahan
dalam mengambil keputusan harus di konsultasikan terlebih dahulu dengan Executive Housekeeper.
2. Memberikan penugasan dan arahan terhadap
tugas-tugas yang harus di jalankan oleh karyawan di Housekeeping serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja di
jalankan sesuai dengan standar yang ditentukan.
3. Menyusun jadwal kerja yang di sesuaikan dengan
kondisi dan situasi yang berpengaruh pada ocupancy (tingkat hunian kamar).
4. Membantu Executive
Housekeeper terhadap pengusunan program perawatan dan perbaikan yang
bersangkutan dengan area tanggung jawab
Housekeeping,terutama di kamar tamu dan pubic area.
5. Melakukan pengontrolan persediaan atas barang
yang diperlukan dalam pengoperasian sehari-hari di Housekeeping,guest room supplies,linen dan sebagainya agar
sesuai dengan per stock yang di tentukan,dan memberikan laoran terhadap executive housekeeper apabila kondisi
memerlukan penggantian atau penambahan stock baru.
6. Melakukan pengawasan terhadap penggunaan
peralatan yang di sediakan untuk operasional di Housekeeping sehingga berfungsi sesuai standar yang di tentukan.
7. Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap
proses pelaksanaan perawatan dan penyimpanan linen/uniform.
8. Melakukan pengawasan terhadap lost and pound dan meyakinkan bahwa
prosedur berjalan sesuai dengan yang telah di tentukan.
9. Membuat program pelatihan (training program) terhadap seluruh
karyawan Housekeeping secara rutin.
10. Menjalankan tugas yang di berikan Executive Housekeeper atau Room Devision Manager.
C.
Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping
Secretary/Order Taker
- Membuat Work schedule utk Floor Supervisor/houseman Supervisor, Office Clerk, maupun Room attendant /Public Area attendant.
- Membuat laporan harian, Mingguan, maupun bulanan atas penggunaan berbagai obat pembersih oleh Room Attendant/Houseman
- Menerima, mencatat, menyimpan dan merawat barang temuan milik tamu di area hotel
- Melayani penukaran jadwal kerja , laporan lembur
- Melayani permohonan ijin, cuti dll
- Membuat pengumuman untuk HK crew
- Mencatat dan melaporkan kpd EHK bila ada barang milik hotel dibawa tamu saat CO /Dirusak oleh tamu
- Melaporkan kpd EHK bila ada complaint tamu yg tdk dpt diatasi oleh Sup
- Membuat jadwal in house training bagi karyawan HK
- Mengarsipkan surat keluar, surat masuk dll
- Menerima telpon dari dr dept lain serta menindak lanjuti
- Menerima order/permintaan tamu dr dlm kamar dan menyampaikannya kpd roomboy utk segera menindaklanjuti
- Membuat Work order, Purchase Requisition, Membuat Store Room Requiisition, Housekeeping Report, Menerima Banquet Event Order
D.
Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor
Public Area
Bertanggung jawab
terhadap kebersihan, kerapian dan pemeliharaan Public area, seperti lobby,
F&B outlet, meeting room, offices, parking area, swimming pool, public
toilet dan sebagainya, dan pelaksanaan kerja public area dalam menjalankan
pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai
dengan standard dan prosedur yang ditentukan, uaraian tugas Public Area
Supervisor adalah sebagai berikut :
1.
Bertanggung jawab terhadap kebersihan public area sesuai dengan
standard dan prosedur yang ditentukan.
2.
Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus
dijalankan oleh Public area Attendant, Night Cleaner, Toilet
Attendant, Florist serta meyakinkan bahwa pelaksanaan
kerja dijalankan sesuai dengan standard yang ditentukan.
3.
Melakukan handing over dengan dengan shift sebelumnya pada saat
akan memulai kerja, dan handing over dengan shift berikutnya pada saat akan
menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan
kepada shift berikutnya dengan jelas.
4.
Memeriksa daftar kehadiran Staff public area setiap hari.
5.
Memeriksa kondisi area umum secara teliti. Pemeriksaan kamar harus
berdasarkan kebersihan, kerapian, kelengkapan dan fungsi dari peralatan atau
fasilitas yang ada di area masing-masing.
6.
Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran, bar, ruang
rapat dan sebaginya yang telah dikerjakan oleh Staff pada hari itu.
7.
Melengkapi laporan dalam Public area Supervisor Log book setiap
shift.
8.
Membuat laporan Maintenance Request kepada Engineering dan
menindaklanjuti area-area, fasilitas atau peralatan memiliki
kerusakan, mengawasi pengerjaan dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.
Memeriksa kebersihan,
kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning
supplies, cleaning agents dan cleaning equipment baik di area maupun di janitor
room atau Pantry.
9.
Bertanggung jawab terhadap biaya dan penggunaan barang-barang
keperluan seperti cleaning agents, supplies dan equipment.
10.
Membuat program pelatihan (training program) terhadap
Staff Public area secara rutin.
11.
Mengawasi pelaksanaan program pemeliharaan atau pembersihan
secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
12.
Melakukan pemeriksaan atau inspeksi
area secara rutin untuk meyakinkan kualitas pemeliharaan
kebersihan public area terjaga baik sesuai dengan standard yang ditentukan.
13.
Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan
oleh Assistant Executive Housekeeper atau Floor Housekeeper serta melaporkan
hasilnya.
14.
Melakukan kerjasama yang erat dan baik dengan semua bagian,
seperti Floor, Linen/Uniform dan Laundry, serta dengan departemen lain,
terutama Front office dan Engineering untuk meyakinkan koordinasi atas
pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public area yang terbaik.
15.
Mengadakan briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing
over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan dengan Staff
Public area untuk melakukan koordinasi operasional serta saling bertukar
pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan
dan pelayanan.
16.
Menjalankan prosedur keamanan, keselatnatan, higienis dan sanitasi
baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
17.
Menjalankan tugas yang diberikan oleh Public area Housekeeper atau
Executive Housekeeper/Assistant atau Floor Housekeeper
E.
Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Room
Membantu Executive Housekeeper dalam mengatur
dan mengawasi kelancaran kerja staff yang berada pada department Housekeeping
1. Bertanggung jawab atas kebersihan kamar
sesuai dengan standard dan prosedur yang telah di tentukan.
2. Memberikan penugasan dan arahan
terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan di floor section serta meyakinkan bahwa
pelaksanaan kerja sesuai dengan standar yang di tentukan.
3. Memberikan pengarahan dan
bimbingan kepada Room Attendant
dan Order taker terhadap
cara-cara yang sistematis dan evisient.
4. Melakukan hending over dengan floor
supervisor pada saat akan melakukan jerja dan handling over pada
saat akam emnyelesaikan tugas.i peralatan kamar.
5. Memeriksa daftar kehadiran Room Attendant dan Ordet taker setiap saat.
6. Memeriksa kondisi kamar dan
melaporkan status kamar sesuai dengan pemeriksaan yang ada pemeriksaan kamar
harus berdsarkan atas kebersihan,kerapihan,kelengkapan,dan fungsi dari
peralatan kamar.
7. Memeriksa secara teliti atas
kamar-kamar yang akan di gunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival oleh Front office.
8. Memeriksa kerapihan,kebersihan,
dan kelengkapan peralatan keperluan Floor
Section seperti Tolly,linen,ameneties,cleanind
Suplies,cleaning agent,dan cleaning equipment baik di floor station atau pantry,maupun di
trolly yang disediakan di setiap lantai.
9. Menjalankan procedure
keamanan,keselamatan,higinies,dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu,orang
lain dan diri sendiri.
10. Menjalankan tugas yang
diberikan oles Executive
Housekeeper/assistant.
F. Tugas dan Tanggung Jawab Linen and
Uniform
1.
Bertanggung jawab thd operasional sehari-hari serta melakukan
penyelesaian masalah yg terjadi di Linen Room.
2.
Menyusun jadwal kerja.
3.
Melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap linen yg dikirim
ketiap-tiap floor maupun F&B outlet.
4.
Membuat laporan dan data-data linen dan uniform yg diserahkan kpd
Ast EHK
5.
Melakukan pengawasan thd penggunaan peralatan yg disediakan utk
operasional di Linen & Uniform room.
6.
Melakukan inventarisasi secara berkala terhadap semua linnen &
Uniform.
G.
Tugas dan Tanggung Jawab Chief Laundry
1. Bertanggung jawab thd
operasional sehari-hari serta melakukan penyelesaian masalah yg terjadi di
Laundry Section.
2. Menyusun jadwal kerja.
3. Melakukan pengawasan dan
pengontrolan terhadap semua cucian yg dikirim baik itu cucian milik hotel
maupun tamu.
4. Mengontrol pemakaian
alat2 dan bahan pembersih.
5. Menyelesaikan masalah yg
timbul di Laundry.
6. Mengajukan permohonan
pembelian alat2, bahan pembersih, kpd EHK.
7. Membuat Laporan
Maintenace request utk engineering menindaklanjuti, mengawasi dan memeriksa
kembali.
8. Berkomunikasi terus menerus
dgn Order taker tentang perubahan dan updating status kamar.
9. Menerima dan memeriksa
laporan Room Attendant.
10. Melakukan brefing setiap
hari dan menjalankan prosedur kemanan dan keselamatan kerja.
H.
Tugas dan Tanggung Jawab Room Attendant
1.
Menerima penugasan dan pengarahan dari floor Supervisor.
2.
Melakukan handing over dari Room attendant night shift,morning
shift dan evening shift.
3.
Menyiapkan trolley dgn perlatan kerja, guest suplies, cleaning
supplies dan linen untuk setiap floor station ( dilakukan room attendant night
shift).
4.
Memerikasa status kamar sesuai dgn EA diarea yg ditugaskan,
kondisi dan melaporkan status kamar sesuai dgn hasil pemeriksaan.
5.
Melaporkan pada Floor
Supervisor jika terjadi perbedaan status kamar.
6.
Membersihkan kamar sesuai dgn SOP.
7.
Melakukan turn down service dan membersihkan kamar yg late
check-out, membantu pengiriman laundry yg bersih ke kamar ( diilakukan room
attendant evening shift).
8.
Membuat room attendant report dan mengembalikan kunci pada saat
akhir penugasan.
9.
Melaporkan kepada Floor Supervisor / order taker jika ada barang
tamu yg tertinggal
10.
Menjaga penggunaan dan pemakaian atas biaya yg dikeluarkan untuk
penggunaan guest suplies dan cleaning supplies.
I.
Tugas dan Tanggung Jawab Houseman
Attendant
1.
Melakukan handing over dengan shift morning, evening and night cleaner pada saat
menyelesaikan tugas.
2.
Membersihkan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.
3.
Melakukan dusting di tangga, furniture, public area.
4.
Membersihkan, sampah, lantai dengan sweeping dan mopping, kaca dan
jendela di lobby, toilet dan area umum lainnya.
5.
Membersihkan restaurant atau F&B Outlet setelah makan pagi,
siang dan malam.
6.
Membersihkan back office, setelah office hour dan employee room,
kantin, koridor dan ruang parkir.
7.
Membantu membuang .sampah dan linen kotor dari room attendant
trolley.
8.
Menjaga kondisi meeting room, ruang banquet dalam keadaan rapi dan
bersih.
9.
Mengikuti briefing setiap hari.
J.
Tugas dan Tanggung Jawab Linen Attendant
1.
Mengatur dan menyiapkan linen yang
akan di pakai oleh HK serta F&B outlet.
2.
Menyiapkan towel untuk HK.
3.
Menerima linen kotor.
4. Menerima linen bersih
yang sudah dicuci dari laundry, memeriksa, menghitung, mencatat dan
menyimpannya.
5.
Memelihara linen.
6.
Melakukan pengecekan linen yg akan dikirim.
7.
Melakukan inventarisasi secara berkala.
8.
Membuat laporan linen yg hilang.
9.
Menjaga keamanan dan kebersihan linen room.
K.
Tugas dan Tanggung Jawab Uniform Attendant
1.
Menerima dan memeriksa semua uniform baru yg dikirim oleh penjahit
berdasarkan pesanan.
2.
Memberikan tanda kode pada uniform berdasarkan nama pemilik, serta
departement dimana karyawan bertugas.
3.
Menyimpan dan merawat uniform karyawan.
4.
Melayani penukaran uniform kotor dengan uniform bersih.
5.
Menyerahkan uniform yang rusak kepada seamstress untuk diperbaiki.
6.
Mengirim uniform kotor kelaundry, menerima dan mengeceknya setelah
dicuci.
L.
Tugas dan Tanggung Jawab Laundry Attendant
1.
Bertanggung jawab terhadap semua cucian yang dikirimkan.
2.
Mengecek setiap laundry bag apakah sesuai dengan laundry list.
3.
Memeriksa cucian barangkali ada barang yang terbawa.
4.
Mengecek cucian mungkin ada kancing yang lepas, jahitan yang
robek, terkena noda.
5.
Memberi tanda kode pada cucian sesuai dengan no kamar.
6.
Menyetrika dan menyerahkan kembali cucian yg telah selesai untuk
di kembalikan ketamu dan ke linen room untuk disimpan.
F. Hubungan Dengan Departement Lain yang ada Di Hotel
a.
Housekeeping dengan Front Office
Hubungan
housekeeping dengan front office ibarat dua sisi mata uang yang tidak mungkin
berdiri sendiri, oleh sebab itu hubungan ini menjadi suatu divisi yang disebut
Room Division, hubungan kerja tersebut antara lain ; housekeeping mempersiapkan
kamar bersih sedangkan front office yang akan menjualnya, front office sebagai
central informasi dari tamu kemudian housekeeping sebagai eksekutor di
lapangan, dan lain-lain. Oleh sebab itu komunikasi yang baik antara
housekeeping dengan front office akan memberikan nilai tambah bagi kepuasan
tamu.
Front Office :
Mengirimkan
data forecast occupancy yaitu daftar kamar-kamar yang sudah dipesan, atau
jumlah kamar yang telah dipesan tamu dalam satu periode, dapat berupa pesanan
dalam satu hari, mingguan, bulanan, tiga bulanan bahkan data untuk satu tahun.
1.
Mengirimkan EA rooms atau daftar kamar yang sudah dipesan untuk hari ini.
2. Mengirim
kamar yang diblok untuk VIP.
3.
Memberitahukan setiap pergantian kamar.
4. Meminta
pemasangan extra bed atau baby box.
5. Memberikan
Kamar expected departure list pada hari ini.
6. Melaporkan
complaint tamu tentang kondisi kamar.
7. Membantu
housekeeping untuk menagih pembayaran barang-barang yang rusak / hilang dari
kamar.
Housekeeping :
1. Mempersipkan dan membersihkan kamar-kamar
yang sudah check out secepatnya agar dapat dijual kembali.
2. Membuat
laporan Room discrepancy.
3. Menyiapkam
kamar-kamar yang EA, VIP.
4. Membuat
housekeeping report.
5. Memasang
Extra bed atau baby box dan menginformasikannya ke front office.
6. Me-release
kamar-kamar yang sudah dibersihkan dengan segera agar dapat kembali dijual.
7. Memberitahukan
kamar-kamar yang status out of order akibat kerusakan ataupun karena program
general cleaning dari housekeeping.
8. Melaporkan
penemuan barang tamu yang tertinggal di kamar dan mencatatnya pada Lost and
Found log book.
9. Melaporkan
barang hotel yang hilang dari kamar untuk ditagihkan ke tamu tersebut.
b. Housekeeping dengan F&B
F&B :
1.
Menyediakan makanan dan
minuman bagi karyawan HK.
2.
Memasang dinner set untuk
kamar suite.
3.
Men set up: wellcome fruite,
cockies kedalam kamar VIP.
4.
Mengirim BEO kpd HK.
5.
Meminta bantuan HK utk
membersihkan Rest, menambah /mengurangi meja kursi.
6.
Meminta bantuan merubah
/membongkar layout dlm Banquet hall.meeting room.
7.
Membuat room service menu
utk di kamar
8.
Membuat flayer mengenai
kegiatan yg diselenggarakan F&B serta meminta HK untuk menempatkannya di
kamar.
Housekeeping
:
1.
Menyediakan, merawat dan
menyimpan uniform karyawan F&B, linnen supplies baik untuk keperluan
sehari-hari maupun jika ada event.
2.
Memberitahu kepada room
service utk prepare kamar VIP.
3.
Melaporkan ke room service
jika ada barang yg habis dipakai oleh tamu untuk di clear up.
4.
Membantu F&B Jika
ada event , dengan memasang deokrasi, bunga, memasang meja maupun kursi.
5.
Menjaga kebersihan seluruh
ruangan F&B outlet kecuali kitchen/pastry.
c. Housekeeping dengan HRD
HRD :
1.
Melakukan pemanggilan
karyawan, menseleksi, serta menempatkannya.
2.
Memberikan pelatihan, kursus
utk pengembangan SDM.
3.
Memberikan House rule kpd
karyaawan dmn didlmnya terdapt larangan, hak dan kewajiban.
4.
Memberikan penilainan
terhadap hasil kerja karyawan.
5.
Memberikan penghargaan bagi
karyawan yg berprestasi.
6.
Memperhatikan kesejahteraan,
berupa tunjangan, asuransi, dll.
7.
Mempertimbangkan usul
kenaikan gaji, dan jabatan.
Housekeeping :
1.
Mengajukan permintaan
penambahan karyawan bila diperlukan.
2.
20 Memberikan masukan kpd
personalia mengenai penilaian karyawan.
3.
Mengajukan permohonan cuti,
melaporkan karyawan yg lembur.
4.
Melaporkan absensi karyawan
HK setiap bulan.
5.
Menyampaikan pengumuman
mengenai kebijakan dari management kpd karyawan.
d. Housekeeping dengan Accounting
Accounting
:
1.
Memberikan gaji kpd karyawan
termasuk tunjangannya.
2.
Membayar uang lembur
karyawan.
3.
Mengeluarkan dana utk
pengadaan barang keperluan HK.
4.
Membayar asuransi karyawan
baik asuransi kesehatan maupun kecelakaan kerja.
5.
Meminta laporan penggunaan
guest suplies dan cleaning suplies.
6.
Menerima Purchase
Requestition dr HK utk pembelian alat-alat kerja.
7.
Membelikan perlengkapan yg
dibutuhkan HK.
8.
Melaporkan jika barang sudah
teredia dan barang yg stocknya habis.
Housekeeping
:
1.
Menyediakan, merawat dan
menyimpan seragam milik accounting dept.
2.
Membuat laporan penggunaan
bahan pembersih dan guest supplies.
3.
Memberi laporan bila ada
barang hotel yg rusak terbawa tamu sebagai laporan penyusutan barang.
4.
Memberikan laporan hasil
invetarisasi barang-barang/alat-alat.
5.
membuat Purchase
requestition kpd purchasing dept.
6.
Mengirim daftar nama barang
yg akan di beli serta spesifikasinya.
7.
Mengecek barang yg sudah
dibeli sesuai atau tidak.
e. Housekeeping dengan Security
Security :
1. Melakukan tugas pengamanan seluruh area HK.
2. Memantau keluar masuknya tamu.
3. Menangani barang-barang yg hilang baik barang tamu maupun hotel yg
hilang di area hotel.
4. Mengawasi karyawan HK pd saat masuk kerja.
5. Melakukan body checking bagi karyawan yg pulang setelah selesai
bertugas.
Housekeeping :
1. Menyediakan dan merawat uniform utk security.
2. Memberitahukan security bila akan ada tamu-tamu VIP.
3. Meminta pengamanan area tugas HK.
4. Melaporkan jika ada barang tamu yg hilang.
f. Housekeeping dengan Engineering
Engineering
1.
Melakukan perbaikan thd
mesin maupun peralatan yg digunakan oleh HK.
2.
Melaksanakan pekerjaan
sesuai WO yg diberikan HK.
3.
Memasang perlengkapan
alat-alat mesin dan memberitahukan cara kerjanya.
4.
Memberitahukan perubahan no
tlp.
5.
Meminjamkan perlengkapan utk
kegiatan event.
6.
Memberitahukan jika akan ada
pemadaman listrik serta menginformasikan ke HK bila akan diadakan uji coba
alarm.
Housekeeping
1.
Melaporkan kerusakan yg
terjadi di lingkungan kerja HK.
2.
Membuat WO.
3.
Menyediakan dan merawat
seragam engineering.
4.
Memberitahukan jika ada
lampu yg mati.
5.
Meminta bantuan kepada
engineering mengenai pengoprasian mesin di HK.
g. Housekeeping dengan Sales Marketing
Sales Marketing :
1.
Memberitahukan HK jika akan
ada confrence, weeding dll.
2.
Memberitahukan jika ada
perubahan tanggal, peserta, tempat dlm acara di function room.
3.
Meminta bantuan HK untuk
memasang spanduk dan dekorasi ruangan.
4.
Meminta bantuan HK utk
menyebarkan flayer ke kamar jika ada pertunjukan, pameran dll.
Housekeeping :
1.
Menyimpan dan merawat
uniform.
2.
Membersikan marketing office.
3.
Membersihakan ruangan
function room yg akan digunakan.
4.
Membuat layout meja kursi
sesuai order.
5.
memasang spanduk flayer dll.
G. Jenis-Jenis
Formulir yang Digunakan oleh Housekeeping Departement
1.
Roomboy Control Sheet adalah formulir yang digunakan oleh Roomboy saat
membersihkan kamar untuk mencatat pemakaian guest amenities dan guest supplies.
2. Room
Report adalah formulir yang digunakan
untuk mencatat dan melaporkan status-status kamar. Laporan ini disampaikan
olehsupervisor.
3. Housekeeping
Report adalah laporan status kamar sebagai
arsip kantor hoesekeeping.
4.
Lost and Found Report adalah laporan yang dibuat oleh supervisor mengenai penemuan
barang milik tamu.
5. Lost and
Damages Report adalah
formulir untuk mencatat dan melaporkan barang atau perlengkapan kamar yang
hilang, dibawa tamu maupun rusak.
6.
Repair and Maintenance Report adalah laporan yang digunakan
memberitahukan permintaan perbaikan pada engineering department karena ada
peralatan yang rusak.
7.
Inventory Report adalah formulir yang digunakan untuk mencatat dan
mengontrol perlengkapan tamu maupun bagian housekeeping, yang meliputi :
1. Linen
2. Guest supplies
3. Cleaning supplies
4. Uniform
8. Cleaning
and Guest Supplies Report
adalah formulir yang digunakan untuk melaporkan jumlah pemakaian obat / alat
pembersih dan perlengkapan tamu yang dipergunakan dikamar.
9. Log Book adalah buku catatan mengenai laporan
dari shift 1 ke shift berikutnya. Berguna untuk menyampaikan masalah maupun
pekerjaan yang telah diselesaikan.
10.
Laundry Linen Slip adalah formulir untuk pengiriman linen kotor dari semua
department yang ada di hotel.
11.
Room Check List adalah formulir untuk mencatat data-data dan kondisi kamar
yang diperiksa oleh room boy.
12.
Lost and Found Book adalah buku yang berguna untuk mencatat data barang-barang
tamu yang ditemukan dikamar tamu/area hotel lainnya.
13.
Minibar Daily Sales Report adalah formulir untuk mencatat
laporan semua minuman yang dikonsumsikan tamu dikamar.
14.
Minibar Daily Late Charge Report adalah formulir untuk mencatat semua
minuman di kamar yang telah dikonsumsi tamu tetapi tidak terbayar oleh tamu.
15. Minibar
Bill adalah formulir yang berguna untuk
mencatat jumlah minuman beserta harganya untuk ditagihkan pada tamu.
Apakah ada video untuk Standard Operational Procedure pembersihan kamar?
BalasHapusTerimakasih atas komentar anda, setelah ini saya akan menambahkan video untuk SOP pembersihan kamar :)
Hapusuntuk engineering ada gak?
HapusTerimakasih atas informasinya. Cukup lengkap isinya. Mungkin bisa ditambahkan artikel dari departemen-departemen yang ada di hotel. Good.;)
BalasHapusTerimakasih atas masukan dan komentar dari anda, setelah ini saya akan menambahkan artikel untuk departement lainnya yang ada di hotel dan yang saya buat ini baru untuk housekeeping saja :) semoga bermanfaat ;)
Hapusseberapa penting menurut anda Housekeeping departement?
BalasHapusmenurut saya HK Departement sangat penting, karena merupakan bagian yang berperan dalam kebersihan, kerapian, kelengkapan kamar tamu maupun tempat-tempat umum yang ada di hotel yang dapat menimbulkam kenyamanan untuk tamu, karyawan maupun visitor (orang yang hanya berkunjung ke hotel) :)
BalasHapus