hy guys :) I would like to tell you about Front Office Cashier, This is my information about FOC for you :)
Pengertian
Kasir Kantor Depan
Kasir
kantor depan adalah petugas hotel yang menangani keuangan kantor depan
,dengan mencatat semua fasilitas hotel yang di gunakan tamu dan
menerima pembayaran dari tamu –tamu pada saat check out.
Syarat-Syarat
Sebagai Seorang Kasir Kantor Depan
Employe front office cashier di hotel mempunyai peranan yang
sangat penting dalam hal menangani administrasi keuangan hotel,baik yang
berkaitan ddengan pendapatan hotel maupun pengeluaran berbagai macam biaya
.Oleh karena itu, seorang front office cashier harus mempunyai persyaratan
sebagai beriku :
1. Jujur,
ramah dan teliti, hal ini sangat penting karena mengingat tugasnya selalu
berhubungan dengan penerimaan uang.
Semua pemasukan hotel selama bertugas menjadi tanggungjawab Kasir (cashier).
2. Menguasai
mesin/computer yang dipakainya dengan baik. Untuk menyelesaikan pembayaran (cash/credit) seorang Kasir (Cashier)
harus mengusai semua kunci pembuka dan menutup (Key posting) yang ada pada
mesin atau computer yang dipakainya.
3.
Menguasai semua jenis hitungan. Agar tidak menghambat kelancaran pekerjaan,
maka seorang Kasir (Cashier) harus mengusai semua jenis hitungan, yaitu:
perkalian, pengurangan, tambah dan bagi.
4. Dapat mempergunakan
bahasa atau bahasa Inggris dengan baik. Bahasa dan bahasa Inggris harus
dikuasainya dengan baik, karena harus berhubungan dengan tamu asing secara
langsung.
5.
Mempunyai tulisan tangan yang rapih. Tulisan tangan haruslah rapih untuk
menghindari kesalahan atau kesalafahaman.
6.
Menguasai penggunaan jenis-jenis
peralatan yang dipergunakan.
7.
Mempunyai hubungan kerja yang baik, terutama dengan pegawai di lingungan
sendiri, dalam hal ini bagian Kasir Kantor Depan Hotel (Front Office Cashier)
khususnya dan Kantor Depan Hotel Departemen (Front Office Department) pada
umumnya.
8.
Dapat menguasai situasi setempat. Dalam keadaan normal seorang kasir (cashier)
tidak mengalami kesukaran, tetapi bila ada hal-hal yang tidak pernah terjadi
sebelumnya akan menjadi buyar. Umpamanya tamu yang tidak mau membayar
kwitansinya karena ada sesuatu yang tidak disetujuinya maka dalam situasi ini,
harus dapat menguasai keadaan pada saat itu.
Secara
singkat uraian diatas adalah sebagai berikut:
a.
Kejujuran (honesty)
b. Ketelitian
(punctuality)
c. Hati-hati
(carefullly)
d. Dapat di percaya
(reliability)
e. Bertanggung jabab
(responbily)
f. Cekatan (accuracy)
g. Penolong (helpful)
h. Ramah (courteous)
i. Kerapian (well gromed)
1.
Pencetakan secara benar dari rekening tamu.
2.
Kebenaran dari uang yang diterima ataupun dikeluarkan.
3.
Kebenaran dari jumlah uang yang disetor.
4. Menyiapkan rekening tamu.
5. Menerima pembayaran: uang muka, rekening, penjualan tunai, penerimaan piutang.
6. Melakukan pembayaran: pengembalian ataupun pinjaman kepada tamu.
7. Menyetorkan jumlah uang yang diterima.
Perlengkapam
Kasir Kantor Depan
a) Guest Bill/Folio/Invoice
GB (Guest Bill) yakni
penerimaan kas atas pembayaran master bill tamu pada saat tamu check out.
1. Transaksi debet rekening tamu
adalah transaksi tamu selama tinggal di hotel,
terdiri dari: Room, F&B, Telephone, Laudry, Pool,
Miscellaneuos Charge, Paid Out, etc.
2. Transaksi credit
adalah transaksi yang akan mengurangi jumlah debet rekening tamu. Di antaranya:
pembayaran, potongan harga, pemindahan ke bagian piutang, penerimaan transfer
bank.
3. Keterangan (remark)
adalah billing instruction. Ada dua jenis, yaitu:
·
Personal Account harus
ada Credit Card, Transfer Bank, dan Deposit Cash.
·
Company Account harus
ada Guarantee Letter ataupun Voucher.
b) Cash Receipt
c) CS (Cash Sales) adalah
peneriman tunai dari transaksi tamu yang tidak menginap di hotel.
d)
Cash Sheet
Cash Sheet adalah formulir yang digunakan
untuk mencatat pemasukan kas dan pengeluaran kas dalam satu shift kerja Kasir
Kantor Depan, sehingga dapat diketahui saldoakhir kas yang diterima.
e) Summary Cash Report
f) PP (Pre-Payment)
Pre-Payment
yaitu penerimaan kas dari
tamu pada saat tamu masih tinggal di hotel, untuk jaminan pembayaran.
g)
ARD (Advance Reservation Deposit)
Advance
Reservation Deposit yakni penerimaan kas atas deposit pemesanan kamar
tamu yang diberikan tamu atau pihak travel agent atau pihak ke-3 sebelum tamu
check-in di hotel.
h) Remmitance of Fund
Remittance of Fund
adalah amplop yang digunakan untuk menyetor uang tunai yang diterima selama
operasional satu shift kerja kasi, dimana uang tunai yang disetorkan tersebut
diperinci secara fisik.
i) House Bank
House Bank adalah uang
tunai yang digunakan untuk operasional Kasir, misalnya untuk penukaran uang dan
pengembalian. Housbank pada awal shift harus sama dengan akhir shift. Kasir
harus bertanggung jawab apabila terjadi short/kekurangan terhadap housebank.
j) Paid Out
k) Miscellaneous Charge
l) City Ledger Payment
City Ledger Payment adalah penerimaan tunai
atas pembayaran rekening tamu yang sudah check-out dari Travel Agent atas
tamu-tamunya yang sudah menginap di hotel.
m) Safe Deposit Box yaitu Sejenis peti besi untuk menyimpan barang barang berharga
(uang,permata dan surat surat berharga) kepunyaan tamu dan hotel.
n) Printer
o) Stamps
p) Re-bate Form
q) Currency Exchange
r)Front Office Cashier Register
Machine (posting machine) yaitu mesin
yang digunakan untuk mencetak transaksi debet dan kredit pada rekening tamu.
s)
Imprinter yaitu Alat yang digunakan untuk mencatat
imformasi dari credit card seperti american
express, dinner club, moster charge dan lain lain.
Ruang Lingkup Kasir Kantor Depan
1. Penanganan pembayaran tamu hotel.
2. Pelayanan tukar uang asing(money changer).
3. Pelayanan titip barang berharga.
4. Penyusunan hasil rekapitulasi hasi penjualan
hotel.
Persiapan Kasir Kantor Depan
1. Menyiapkan area tugasnya.
2. Menyiapkan peralatan/perlengkapan kerja, misalnya
mesin kas register, formulir rekening tamu,dan sebagainya.
3. Menyiapkan uang kontan yang di perlukan.
4. Menyiapkan seluruh instruksi yang telah diterima,
misalnya untuk penukaran uang asing,titip barang berharga dan sebagainya.
5. Menyiapakan harga jual yang berlaku saat ini.
1. Receptionist => front office
cashier akan menerima rekening tamu dan kartu
registrasi dari receptionist.
- Outlet => menyetor bill dan rekapitulasi penjualan/transaksi yang diterima.
- Concierge => informasi tamu pindah kamar ataupun berhubungan dengan luggage.
- General Cashier => penyetoran yang diterima melalui front office cashier.
- Security => tamu skippe.
- Acc. Receivable => khusus rekening tamu yang telah meninggalkan hotel.
- Income Audit => semua penjualan yang terjadi dalam sehari beserta dokumennya.
mancap .
BalasHapuskren bnget
BalasHapuskren bngt
BalasHapuskreenn blog mu by
BalasHapusBagus background nya
BalasHapus