Jumat, 13 Maret 2015




TIME MANAGEMENT

Hy.... do you know about time management ? I have information n I would like to share, please read bellow J

A.  Pengertian time management
Pengertian dari time management yaitu suatu kemampuan untuk menetapkan, mengatur, memilih, memutuskan antara kualitas/tenaga untuk efektivitas dan produktivitas waktu.
1.   Menetapkan merupakan langkah pertama dalam membuat perencanaan.
2.  Mengatur merupakan bagimana cara membuat (menyusun) sesuatu menjadi teratur (rapi).
3.   Memilih merupakan bagaimana menentukan/mengambil sesuatu yg dianggap sesuai dengan apa yang telah menjadi pilihan untuk dijalankan.
4.  Memutuskan merupakan suatu ketetapan yang diambil untuk segera dijalankan/dikerjakan.
5.  Kualitas merupakan seberapa baik sebuah produk yang dihasilkan apakah sesuai atau tidak dengan kebutuhan.
6.  Tenaga merupakan suatu kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan baik dari segi sumber daya manusia maupun barang.
7.  Efektivitas merupakan tingkat dimana kinerja sesungguhnya sebanding dengan kinerja yang ditargetkan/pencapaian yang ditetapkan.
8.  Produktivitas waktu merupakan sejauh mana/seberapa lama tingkat sumber daya baik manusia/barang mampu menghasilkan suatu pekerjaan/berproduksi.

B. Tujuan dari Learning Skill Time Management Skill
1.   Supaya setiap individu mampu menyeimbangkan dan memaksimalkan waktu dengan menggunakan perbandingan antara energi dan kualitas.
2.  Supaya memahami dalam menetapkan, mengatur, memilih dan memutuskan antara kualitas/tenaga untuk efektivitas dan produktivitas waktu.
3.   Supaya dapat menghindari kepayahan waktu dimana energi meningkat namun kualitas yang dihasilkan rendah.
4.  Membuat kita lebih produktif.

C. Manfaat Time Management
1.      Selesai tepat waktu
2.     Mendapatkan hasil yang memuaskan
3.      Tenang dan santai
4.     Membantu Proses disiplin diri
5.     Membantu untuk mengelola waktu dengan baik
6.     Menghindari tabrakan waktu

D.Prinsip Time Management


D = Divide (bagi-bagilah tugas).
O = Organize (atur bagaimana melaksanakannya).
I   = Ignore (abaikan gangguan).
T  = Take (ambil tindakan).
N  = Now (sekarang harus dijalankan).
O  = Opportunity (ambil kesempatan).
W = Watch out (waspada dengan waktu).

E. Konsep Time Management

F.  Kesalahan Dalam Mengatur Waktu
1.      Tidak menentukan target
2.     Tidak memprioritaskan
3.      Gagal menghadapi gangguan
4.     Penundaan
5.     Multitasking
6.     Tidak mengambil jeda istirahat
7.     Menjadwalkan tugas dengan tidak efektif

G.  Tips Mengatur Waktu Dengan Baik
1.   Niat

Niat dalam mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan harus timbul dari dalam diri kita. Niat yang kuat memudahkan kita dalam mengerjakan tugas karena dengan kekuatan niat segala tantangan akan dihadapi dengan baik.
2.    Membuat schedule

Pembuatan schedule atau daftar kegiatan dapat berupa daftar kegiatan jangka panjang ataupun jangka panjang. Daftar jangka pendek meliputi rencana kegiatan harian, mingguan, bulanan, sampat satu tahun kedepan. Sedangkan daftar jangka panjang meliputi rencana kegiatan dua tahun atau lebih kedepan. Namun, disini saya lebih menekankan pada pembuatan schedule Rencana kegiatan harian membantu kita dalam manajemen waktu dengan baik. Dimulai dalam menyusun tugas-tugas sesuai dengan prioritasnya. Tugas dengan prioritas tertinggi (urgent and important) menduduki posisi tertinggi dalam daftar perencaan harian. Hal ini bertujuan agar tugas atau pekerjaan yang deathline terselesaikan lebih awal. Dengan perencanaan harian yang matang, kita akan mudah mencapai target-target dalam suatu pekerjaan.
3.    Lakukan sesuai schedule.
Dalam pengerjaan tugas, lakukan sesuai dengan rencana kegiatan yang telah dibuat. Lakukan dimulai dari prioritas tertinggi.
4.    Mulai sekarang, jangan menunggu-menunggu.


 Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Nursalam (2000), lebih baik sedikit daripada tidak sama sekali, lebihbaik sekarang daripada harus terus menunggu. Karena kita hanya memiliki waktu 24 jam, 60 menit, dan 86.400 detik saja dalam satu hari. Ketika kita menunda suatu pekerjaan, maka hilanglah waktu kita dengan percuma. Waktu yang luang tidak datang datang dua kali. Bisa saja, beberapa menit kemudian ada sesuatu yang sangat mendesak dan harus dikerjakan. Jadilah peekerjaan kita akan terus menumpuk dan akan berdampak buruk pada psikis kita (stress).

5.    Fokus adalah kunci agar tugas tersebut selesai dengan tepat waktu.


6.    Berani mengatakan “Tidak!”.
Sering kita mengikuti suatu kegiatan ataupun mengerjakan sesuatu yang tidak terlalu penting padahal kita memiliki kegiatan atau pekerjaan lain yang lebih penting. Berani mengatakan “tidak” adalah salah satu cara agar sesuai dengan rencana kita yang telah disusun sebelumnya.
7.    Memanfaatkan waktu luang.
Ketika kita mendapatkan waktu luang, tidak ada tugas ataupun pekerjaan yang harus dilakukan, manfaatkanlah waktu tersebut dengan baik. Contohnya adalah mencuci pakaian, membaca buku, atau sekedar berkumpul dengan teman-teman komunitas. Jangan pernah menghabiskan waktu dengan kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat, seperti nongkrong di jalan, pergi ke mall membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibuthkan. Dengan memanfaatkan waktu luang, maka tidak ada waktu yang terbuang percuma.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar